Cari Peraturan

Pemberitahuan Jaminan Uang Muka PDF Print E-mail
Written by Administrator   

S-1549/WPB.03/KP.0121/2013

Pemberitahuan masa berlaku

Jaminan Uang Muka dapat di download disini

Kepada Satuan Kerja Yang Masa Berlakunya Jaminan Uang Muka  yang masa berlakunya segera dan/atau telah berakhir agar Mengikuti petunjuk sesuai  Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-19/PB/2013 tanggal 15 Mei 2013 tentang Tata Cara Pembayaran dan Pengembalian Uang Muka Atas Beban APBN

Last Updated on Friday, 06 September 2013 16:28
 
APLIKASI 2014 PDF Print E-mail
Written by Administrator   

APLIKASI SPM 2014   ->  download disini

 

APLikasi GPP SATKER 2014 -> download disini

 

Penting Baca Petunjuk Penginstalan

untuk SPP dan SPM Gaji Induk Januari 2014 tertanggal 02 Januari 2014

Last Updated on Wednesday, 11 December 2013 17:56
 
update spm PDF Print E-mail
Written by Administrator   

update aplikasi SPM 14.0.1 ---> DOWNLOAD DI SINI

update aplikasi SPM 14.1.0 ---> DOWNLOAD DI SINI

update aplikasi SPM 14.1.1 ---> DOWNLOAD DI SINI

update aplikasi SPM 14.1.2 ---> DOWNLOAD DI SINI

Last Updated on Thursday, 13 March 2014 17:13
 
Sosialisasi Bumi Minang 10-03-2014 PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Padang (10/3) pagi itu masih menunjukkan pukul 7.30 WIB namun hiruk pikuk sudah mulai terlihat di hotel Bumi Minang yang terletak di jalan bundo kanduang kota Padang Sumatera Barat. Keramaian di hotel yang baru beroperasi kembali setelah renovasi akibat gempa 2009 ternyata karena sebuah acara sosialisasi awal tahun anggaran serta penandatanganan pakta integritas yang diadakan oleh KPPN Padang.

Sosialisasi awal tahun anggaran ini bertujuan untuk memberi pengertian mengenai mekanisme dalam pelaksanaan anggaran, baik mekanisme pencairan dana, pelaporan maupun pengajuan revisi anggaran yang berkaitan langsung dengan jalannya pencairan anggaran sehingga diharapkan penumpukan pencairan dana di akhir tahun anggaran dapat dihindari.

Selain sosialisasi yang bersifat teknis pelaksanaan anggaran acara ini juga digunakan sebagai penandatanganan pakta integritas antara KPPN yang diwakili oleh Kepala KPPN Bapak Subur Bahariyanto dengan para satker yang diwakili oleh Kuasa Pengguna Anggaran dari masing-masing satker. Pakta integritas ini berisi pernyataan bahwa baik satker maupun KPPN tidak akan melakukan hal-hal yang bersifat korupsi, kolusi atau nepotisme sehingga diharapkan transaksi-transaksi yang terjadi antara satker dan KPPN dapat terjadi dengan kondisi bebas KKN dengan tujuan dapat terciptanya pemerintahan yang bersih.

Dalam acara ini, KPPN Padang juga memberi penghargaan untuk satker terbaik yang dikemas dalam bentuk Prospec. Prospec adalah kepanjangan dari Program Sistem Pelayanan Cepat, yang merupakan inovasi pemberian penghargaan terhadap 10 satuan kerja teladan. Prospec berwujud piagam penghargaan dan kartu layanan. Fasilitas yang ditawarkan dalam kartu layanan porspec, yaitu pengajuan SPM, layanan rekonsiliasi dan LPJ tanpa melalui antrian. Tentu saja dengan tidak mengesampingkan antrian yang sudah ada. Secara umum penilaian dilakukan terhadap tingkat realisasi belanja pegawai/non pegawai, kepatuhan, ketepatan rekonsiliasi dan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara. Kriteria-kriteria dalam penilaian tersebut yakni; tingkat penyerapan yang baik (bobot 35%), Penyampaian Rencana Kas (bobot 10%), Ketepatan/kebenaran SPM yang meliputi kesesuaian penggunaan akun dan kelengkapan lampiran SPM (bobot 10%), ketepatan penyelesaian rekonsiliasi (bobot 35%), dan kerapihan berpenampilan  (bobot 5%). Kartu Prospec, berlaku selama 3 bulan dan pada periode berikutnya diadakan penilaian lagi untuk memilih 10 satuan kerja yang berhak memegang kartu prospec dimaksud.

Adapun dalam penghargaan prospec kali ini diberikan kepada:

  1. Polresta Padang
  2. Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan
  3. Lembaga Pemasyarakatan Pariaman
  4. Ditreskrimsus Polda Sumatera Barat
  5. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat
  6. Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sumatera Barat
  7. Pengadilan Tata Usaha Negara Padang
  8. Administrator Pelabuhan Teluk Bayur
  9. Pengadilan Militer I – 03 di Padang
  10. Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat

 

Materi Sosialisasi Revisi Anggaran, Mekanisme Pelaksanaan Anggaran dan Pertanggungjawaban

Hotel Bumi Minang

10 Maret 2014

materi revisi anggaran ---> DOWNLOAD DI SINI

materi pelaksanaan anggaran -- > DOWNLOAD DI SINI

Last Updated on Sunday, 13 April 2014 13:09
 
Bimtek Aplikasi 2014 PDF Print E-mail
Written by RIZKY   

Teknologi informasi dewasa ini sudah beralih dari supporting business ke core business. Salah satunya adalah pada proses bisnis yang terjadi di Direktorat Jenderal Perbendaharaan, khususnya KPPN. Hal tersebut terbukti dengan peraturan-peraturan yang mewajibkan stakeholder-stakeholder yang berhubungan dengan KPPN menyertakan Arsip Data Komputer (ADK) sebagai bagian dari kelengkapan dalam kepengurusan administrasi keuangan.

pembukaan bimtek 2014Data KPPN Padang sejak dimulainya tahun anggaran 2014 sampai dengan medio Februari 2014 tercatat lebih dari 100 kasus dimana satker sebagai stakeholder utama KPPN mengalami kesulitan dalam pengoperasian aplikasi-aplikasi perbendaharaan, baik aplikasi SPM, SAKPA dan Gaji. Permasalahan itulah yang kemudian disinyalir sebagai salah satu penghambat dalam percepatan penyerapan anggaran, sehingga dirancang sebuah mekanisme penyebaran informasi mengenai troubleshooting serta hal-hal baru yang terdapat pada aplikasi baik aplikasi SPM maupun aplikasi SAKPA dalam bentuk bimbingan teknis aplikasi perbendaharaan kepada operator aplikasi SAKPA dan operator aplikasi SPM. Bimbingan teknis ini disambut antusias satker-satker di wilayah kerja KPPN Padang sehingga dihadiri lebih dari 90% peserta, yaitu sekitar 600 peserta dari operator aplikasi SAKPA dan SPM dari masing-masing satuan kerja. Untuk meningkatkan keefektifan dari kegiatan, bimbingan teknis ini dibagi menjadi 10 sesi dari tanggal 24 Februari sampai dengan 7 Maret 2014 yang dibuka langsung oleh Kepala KPPN Padang, Drs. Subur Bahariyanto, M.M. setiap sesi dari kegiatan bimtek dihadiri sekitar 30 satker yang diwakili masing-masing 1 orang operator aplikasi SAKPA dan 1 orang operator aplikasi SPM.Bimtek Aplikasi 2014

Aplikasi SPM merupakan aplikasi yang cukup vital dalam hal mekanisme pencairan dana di KPPN. Aplikasi ini mencakup proses pembuatan spp, spm, kontrak, perencanaan kas dan retur. Dalam bimtek kali ini KPPN Padang mencoba mensosialisasikan cara-cara menggunakan aplikasi SPM untuk perencanaan kas dan retur serta troubleshooting dalam perekaman SPM.

Sedangkan aplikasi SAKPA merupakan aplikasi yang berguna dalam hal pertanggungjawaban anggaran dengan cara pencocokan data antara satker dan KPPN selaku kuasa BUN melalui rekonsiliasi data. Hal-hal yang dikemukakBimtek Aplikasi 2014an dalam bimtek kali ini adalah selain pengoperasian dari aplikasi SAKPA dan penyusunan LPJ Bendahara adalah mengenai perubahan-perubahan mekanisme rekonsiliasi yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.05/2013 tentang Pedoman Rekonsiliasi dalam Rangka Penyusunan Laporan Keuangan Lingkup Bendahara Umum Negara dan Kementerian Negara/Lembaga, Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 57/PB/2013 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga, serta Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor Per-3/PB/2014 tentang Petunjuk Teknis Penatausahaan, Pembukuan, dan Pertanggungjawaban Bendahara pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja serta Verifikasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara.

Dengan adanya bimbingan teknis ini diharapkan akan membantu satker dalam upaya mempercepat penyerapan anggaran dengan mengurangi masalah-masalah teknis yang ditimbulkan akibat kekurangan pengetahuan tentang pengoperasian aplikasi-aplikasi perbendaharaan.

Last Updated on Friday, 14 March 2014 18:27
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 1 of 12



Powered by Joomla!. Designed by: joomla 2.5 templates ThemZa  Valid XHTML and CSS.